Home » , » Perburuan Olimpiade 2020(Hunting host 2020 Olympics)

Perburuan Olimpiade 2020(Hunting host 2020 Olympics)

Perburuan Olimpiade 2020 membuat para penduduk antusias menunggu-menunggu untuk mengerahui siapa yang akan menjadi tuan rumah olimpiade 2020. Negara negara asi maupun Eropa bahkan Afrika pun mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah olimpiade 2020,diantaranya seperti Afrika selatan,Italia dan Jepang
  






Dari Afrika Selatan


Setelah sukses menggelar Piala Dunia, Afrika Selatan berharap bisa jadi tuan rumah Olimpiade 2020. "Kami bermaksud menyediakan kota kelas dunia sebagai tuan rumah Olimpiade pertama di Afrika 2020," kata Kepala Eksekutif Badan Olimpiade Afrika Selatan, Tubby Reddy, Rabu (14/7). 



Ide ini muncul setelah Presiden Jacob Zuma menyatakan kesuksesan negaranya menyelenggarakan Piala Dunia dan yakin bisa mengulangnya di Olimpiade 2020. "Kami tidak ragu, karena sudah memiliki fasilitas-fasilitasnya," katanya. Mereka membangun beberapa stadion baru dan memperbaiki sarana transportasi, energi dan komunikasi.


Presiden Komite Olimpiade Internasional Jacques Rogge berada di Afrika Selatan akhir pekan lalu dan hadir di partai final Piala Dunia. Dia juga berdialog dengan Presiden Zuma. "Sejak awal Afrika Selatan dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia, kami yakin mereka bisa mengorganisir turnamen ini," ujarnya, "sekarang terserah negara anda jika ingin jadi tuan rumah Olimpiade."


Komite Olimpiade sudah mengundang kota-kota yang tertarik menjadi tuan rumah. Namun baru akan menentukan pada pertengahan 2013. Cape Town pernah mengajukan diri pada 2004, namun dikalahkan Athena, Yunani, tempat lahirnya pesta olahraga terakbar sejagat itu.

Dari kota Roma di Italia


Komite Olimpiade Italia (CONI) memutuskan untuk mencalonkan Roma sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Keputusan itu sekaligus menggeserkan Venezia yang juga tertarik menjadi tuan rumah pesta olahraga musim panas empat tahunan itu.



Pejabat kota Roma yakin ibu kota Italia itu akan terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Keyakinan itu semakin besar menyusul jatah tuan rumah Olimpiade 2016 telah dimiliki oleh wakil benua Amerika. Rio de Janiero, Brasil. Dengan demikian untuk Olimpiade 2020 maka giliran negara Eropa yang menjadi tuan rumah. 


Keputusan dewan CONI untuk menyingkirkan Venezia dan memunjuk Roma disebabkan karena faktor fasilitas olahraga Venezia tidak memenuhi syarat Komite Olimpiade Internasional.


"Venezia tidak mencapai batas poin yang ditetapkan oleh Komite Olimpiade Internasional. Komite telah memutuskan untuk menggantikan Venezia dengan Roma," kata Presiden CONI, Gianni Petrucci kepadaReuters, Rabu (19/5).


Selain Roma, sejumlah negara lain juga ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Namun sulitnya proses membuat mereka mundur.

Salah satu negara Asia, Uni Emirat Arab bahkan sempat mencalonkan Dubai, tapi kemudian mengundurkan diri karena tidak mampu menemui solusi cara mengatasi cuaca panas.
Sementara Jepang, setelah gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2016, sempat mencoba lagi untuk menjadi tuan rumah untuk empat tahun kemudian. Awalnya dua kota bersejarah, Hiroshima dan Nagasaki dicalonkan untuk menjadi tuan rumah bersama, tapi mendadak Nagasaki menarik diri sehingga bidding pun ditarik.

Dari Jepang

Kegagalan Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 tak membuat Jepang ciut. Bahkan penawaran baru sudah disiapkan. Kota bersejarah Hiroshima dan Nagasaki ditawarkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 .

Kampanye yang diusung Hiroshima dan Nagasaki adalah perdamaian. Dunia pasti mengingat kedua kota itu yang menjadi korban bom atom semasa perang dunia II.

Walikota Hiroshima, Tadatoshi Akiba dan walikota Nagasaki, Tomihisa Taue, mengumumkan niat serius itu. Kampanye pelarangan senjata nuklir menjadi inti kampanye Hiroshima-Nagasaki.

"Olimpiade adalah simbol penolakan senjata nuklir dan perdamaian dunia," kata Akiba. "Kami ingin serius mengimplementasikan hal itu."

"Ini adalah tantangan besar untuk kota bekas pemboman atom pada PD II," imbuh Taue.Tokyo menghabiskan biaya US$ 166 juta untuk bidding Olimpiade, namun gagal.Pesaing Hiroshima-Nagasaki datang dari Istanbul, Budapest, dan New Delhi.



Hiroshima adalah kota pertama yang dibom atom oleh pembom B-29 yang dikemudikan Enola Gay pada 6 Agustus 1945. Kota sekitar 642 km di sebelah Barat Tokyo ini terdapat 140 ribu mati, atau beberapa bulan kemudian.


Tiga hari kemudian, bom dijatuhkan di Hiroshima dengan korban mati sampai 80 ribu orang. Jepang pun menyerah pada 15 Agustus 1945.



Hiroshima menjadi tuan rumah Asian Games 1994 dengan menampung 7.300 atlet dari 42 negara.

0 komentar :

Posting Komentar

learningbaydoing. Diberdayakan oleh Blogger.